https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR, EMOSI, DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKASISWA KELAS VIII MTs DI KE¬¬CA¬MATAN PETANAHAN | Perwitasari | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR, EMOSI, DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKASISWA KELAS VIII MTs DI KE¬¬CA¬MATAN PETANAHAN

Fajar Perwitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan kausal antara (1) ling­kungan belajar dengan emosi (2) lingkungan belajar dengan kemampuan verbal (3) ling­ku­ngan belajar dengan prestasi belajar matematika (4) emosi dengan kemampuan ver­bal (5) e­mo­si dengan prestasi belajar dan (6) kemampuan verbal dengan pres­tasi belajar matematika (7) mengetahui seberapa besar koefisien jalur pada setiap jalur (8) apa­kah diagram dalam pe­nelitian ini benar-benar didukung setelah dilakukan analisis jalur. Sub­jek penelitian ini adalah kelas VIII MTs Swasta di Kecamatan Petanahan Tahun Pelajarn 2015/2016 sebanyak 142 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Se­mua data dianalisis secara kuan­titaif dengan teknik analisis jalur. Hasil analisis korelasi di­per­oleh sebagai berikut: terdapat hu­bungan kausal antara (1) lingkungan belajar dengan emosi se­besar 0,423 (2) lingkungan bela­jar dengan kemampuan verbal sebesar 0,489 (3) ling­ku­ngan belajar dengan prestasi belajar se­besar 0,465 (4) emosi dengan ke­mampuan verbal se­be­sar 0,504 (5) emosi dengan prestasi be­lajar mate­matika sebesar 0,418 (6) ke­mam­puan verbal dengan prestasi belajar sebesar 0,516 (7) p21=0,423; p31= 0,336; p41= 0,243; p32= 0,362; p42 = 0,151; p43= 0,321 (8) model diagram da­lam penelitian ini tidak ada yang be­ru­bah atau dihi­langkan karena telah didukung data yang re­le­van setelah dilakukan analisis jalur.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i3.2900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.